arti dari sebuah kepercayaan

Jumat, 04 Maret 2011

apa itu 'kepercayaan' ? 

keingintahuan arti dari kata itu, segera saya cari di google dan salah satunya bertuliskan : 

"kepercayaan adalah sebuah harapan dan keyakinan 
(akan kejujuran,kebaikan, dsbg)"

sebelumnya, saya ingin memberitahukan alasan kenapa saya menulis artikel ini. tak lain untuk berbagi pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman tentang arti dari sebuah kata kepercayaan. terlihat simpel sarat akan makna. 

kepercayaan merupakan sebuah amanah yang diberikan orang lain kepada kita (yang diberi kepercayaan), dimana amanah ini menunjukkan bahwa hal ini tidak sepele -seperti kutipan arti di atas bahwa kepercayaan adalah sebuah harapan dan keyakinan, yaa, harapan bahwa segala macam bentuk hal yang melibatkan kepercayaan dijaga baik, juga keyakinan bahwa orang yang diberikan kepercayaan tidak merugikan pihak manapun.

tak jarang orang menganggap sepele arti dari sebuah kepercayaan. saya yakin banyak orang -berapapun usianya, pernah mengalami hal dimana ia dirugikan ketika orang tidak lagi memikirkan -menganggap sepele tentang sebuah kepercayaan. 

contoh nyata :  dimana ketika anda merasa percaya dengan oranglain dan dengan lugasnya menceritakan hal-hal pribadi yang bersifat privasi kepada orang tersebut, namun suatu ketika, anda tahu bahwa cerita yang anda ceritakan -dengan keyakinan untuk tetap bisa percaya juga harapan bahwa orang yang diceritakan mengerti hal itu pribadi dan bersifat privasi. ludas seketika begitu anda tahu bahwa hal yang anda ceritakan bukan lagi berstatus privasi, namun telah berstatus umum.

pertanyaan : bagaimana perasaan anda ?
jawaban : enough !  -begitukah ?

saya menjunjung tinggi arti dari sebuah kepercayaan, banyak orang yang saya percaya, akan tetapi satu hal yang saya herankan, mengapa orang yang saya berikan kepercayaan dengan spontannya -sambil tertawa membeberkan -cerita yang saya percayakan ? saya berfikir, ini yang salah siapa ? apakah saya ? atau mereka ?

kalau saya salah, mungkin ya, saya salah karena tidak berfikir matang ketika membagi hal yang saya anggap perlu saya bagi dengan 'dia' tapi tidak untuk umum pastinya.
kalau mereka salah, mungkin ya, mereka salah karena telah menyia-nyiakan kepercayaan yang telah saya berikan, karena saya kurang begitu suka dengan orang yang tidak memegang teguh kepercayaan yang telah diberikan. 

SERING saya berifikir untuk terus percaya sebanyak apapun orang menyia-nyiakan kepercayaan saya, SELALU saya berikan kesempatan untuk siapapun yang terlibat merenungkan kesalahannya. tapi apa ? KEMBALI TERULANG. lagi.. dan lagi.. tak habis pikir kenapa ?? 

arti dari sebuah kepercayaan begitu besar. bagi saya, orang yang menganggap hal tersebut sepele adalah orang yang tidak menghargai oranglain, tidak memiliki rasa hormat, tidak memikirkan perasaan oranglain dan beranggapan kalau semua akan baik-baik saja kalaupun orang tersebut membeberkan kepercayaan orang yang bersangkutan. padahal TIDAK SAMASEKALI.  

rasanya SAKIT, yaa, sakit ketika tahu bahwa kita tidak cukup pintar memilih orang yang dapat diberi kepercayaan. pertanyaan yang terlintas di benak saya tidak jauh dari 'haruskah saya kembali percaya ?' . jawabannya bisa YA dan TIDAK.  dilihat dari perkembangan orang yang bersangkutan. 

karena itu. janganlah menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan kepada orang lain, apapun bentuknya, jagalah kepercayaan itu, karena ketika seseorang menaruh kepercayaan kepada kita, itu menandakan bahwa orang tersebut menghormati dan menghargai kita -terbukti dari bersedianya dia membagi (misalkan) pengalaman pribadinya dengan sebuah harapan dan keyakinan yang baik kepada kita, sebagai orang yang diberi kepercayaan -amanah.  orang yang tidak bisa menjaga kepercayaan yang diberikan adalah orang yang merugikan -berkhianat. kepercayaan adalah sebuah anugerah, lebih baik menolak anugerah tersebut jika kita belum cukup bisa -berani menerima anugerah itu. 

bukan hal yang sepele bukan ? coba pikirkan kembali untuk siapapun anda yang membaca artikel ini.  termasuk orang yang bagaimanakah anda ? ingin menjadi orang yang bagaimanakah anda ? selalulah mencoba membayangkan diri anda  berada disisi terbalik dari koin -dalam sekolah kehidupan ini. hormatilah oranglain sebelum anda ingin dihormati. berlaku juga untuk hal lainnya.



best regards,
thank you for reading
hopefully you can be better than before after reading this
:)

0 comments:

Posting Komentar