Hujan Meteor

Kamis, 01 September 2011
Lagi iseng makan rempeyek trus somehow gue tiba-tiba keinget soal hujan meteor (gak ngerti deh napa bisa gitu). Mumpung lagi deket sama notebook and ada mood (baca : gak males), so, buru-buru lah gue tuangkan apa yang ada dipikiran gue sebelum gue kembali sibuk (baca : males) .

Siapa yang tau apa itu hujan meteor ? gue rasa banyak yang udah gak asing lagi kalo gue bilang bintang jatuh. Yaa, banyak orang bilang hujan meteor itu sebagai bintang jatuh, dan faktanya ni, suka ada orang percaya kalo kita liat bintang jatuh trus berdoa memohon sesuatu, permohonan kita nanti terkabul (apaan tuh ? norak banget dehh, jaman udah modern woi, sadaarr !) .

Hujan meteor terjadi ketika bumi melewati debu yang ditinggalkan oleh sebuah komet. dan lu tau ? ternyata ada beberapa hujan meteor yang bisa kita lihat pada waktu yang sama dari tahun ke tahun.. gak nyangka kan lu ternyata gak butuh waktu lama sampe bertaun-taun kayak kalo kita mau liat komet yang muncul setiap 46 tahun sekali (beuhh, kebayang gak tuh umur, kesempatannya terbatas !) padahal sama aja lohh meteor sama komet penampakan di langit bumi tuh garis lurus juga, Cuma komet lebih terang and lebih tebel ajaa garisnya (ehm, udah pernah liat ni guee. *senyum bangga. Hohoho).

Ini adalah nama-nama dan tanggal kemunculan meteor yang tadi gue bilang bisa kita lihat setiap tahunnya, dan meteor-meteor ini dinamai sesuai dengan kelompok asalnya (kayak gue ni yang asalnya dari blasteran pakistan-sunda. Hahahh. *nyombooong :P ).

Nama Meteor . Tanggal
Quadrantid . 3 Januari
Eta Aquarid . 6 Mei
Perseid . 12 Agustus
Orionid . 21 Oktober
Leonid . 16 November
Geminid . 13 Desember

Perlu lu tahu juga, terkadang hujan meteor gak pas tanggal itu, tapi bisa sebelum atau sesudah tanggal-tanggal itu lohh.

Berikut ini syarat-syarat yang perlu lu penuhi untuk bisa liat hujan meteornya, jadi baca and perhatiin baik-baik apa yang bakal gue tulis mengenai syarat sah nyaa (halaahh, gaya banget dah gue?!)

1. lu butuh kalender yang nunjukkin fase bulan dan pastiin lu udah nandain hari sebelum, hari H, dan hari sesudahnya. coba untuk nyari hujan meteor yang akan terjadi pada saat bulan baru atau bulan sabit.

2. Persiapkan diri untuk keluar larut malam, karena kebanyakan dari hujan meteor terlihat lebih baik lewat tengah malam pada saat belahan bumi tempat kita berpijak berada tepat di jejak debu komet.

3. Dibutuhkan malam yang cerah tapi bukan malam bulan purnama, hujan meteor akan susah terlihat karena sinar bulan yang terang. Hindari juga cahaya terang disekitar kita agar mata terbiasa dengan gelap.

4. Cari tempat yang luas dan terbuka agar kita bisa mengamati jelas pergerakan hujan meteor yang akan kita lihat. Amati dengan sabar karena karena lintasan cahaya (penampakan hujan meteor kebanyakan tidak bisa bertahan sampai satu menit). Saat langit cerah dan gelap, lu bisa liat sebuah meteor setiap satu atau dua menitnya.

5. Jangan lupa untuk memakai baju hangat kalo gak mau masuk angin ! :)

Sedikit cerita pengalaman gue pas liat hujan meteor. Gue waktu itu liat hujan meteor emm... emmm.. lupa ! hahahaha. Ehm. Maksudnya lupa liat yang mana loh yaa, tapi gue inget banget kejadiannya gimana. Gue udah nandain tanggal pas sebelum dan hari H. Waktu itu gue mencoba melihat hujan meteor via teras lantai 2 rumah guee. Jam 11 gue udah standby di tempat ditemani selimut dan bantal beserta adik-adik gue (yang berhasil gue komporin pastinya buat nemenin gue ngeliat hujan meteor itu. Hihihi). Alhamdulillah malem itu langit bener-bener cerah ga berawan, disitu gue berharap banget untuk pertama kalinya bisa langsung buktiin apa yang gue baca di buku tentang hujan meteor itu bener ! (uwooww, gue ngerasa udah mengatakan sesuatu yang cool ! hahah).

Malam sudah semakin larut, ade-ade gue mulai berkicau (baca : ribut gara-gara hujan meteornya gak adaa). Disitu gue sempet ngerasa gak yakin ada deeh. Pesimis . looks like hujan meteor yang bisa kita liat cuma ada di filmnya toming-see (apalah itu namanyaa, pokoknya tokoh di film jadul yang judulnya meteor garden itu looh. Hahaha). Ade-ade gue udah mulai tewas satu persatu (emang ada berapa banyak yaa ade gue ?? hahaha), yang tersisa Cuma gue and si teteh (baca : yang bantu-bantu nyokap di rumah). Gue lirik jam, udah jam 1 malem.. gue terus amatin setiap sudut langit yang masih cerah gak berawan itu.. karena yang gue bacaa, hujan meteor bisa dateng dari mana ajaa.

1.. 2.. 3.. VOILA ! ADAAA !!!!! THE METEOR RAIN IT'S REALL !!! penantian gue ternyata gak sia siaaa !! gue langsung teriak girang and spontan si teteh ngucapin “Allahu akbar, subhanAllah..” ( si teteh termasuk orang religius, jadi gak asing kalo dia gitu), gue pun ikut ngucap “subhanAllah..”. gue disitu bener-bener takjub, ngerasa diri gue sangat beruntung bisa lihat bukti kebesaran ALLAH yang gak banyak orang bisa ( ya kayak ade-ade gue ituu, gak sabaran and ngeluh and lanjut pada tepaar..). malem itu merupakan momen yang gak bisa dengan gampang gue lupain gitu ajaa karena pada akhirnya gue bisa membuktikan kebenaran dari tulisan di buku yang gue baca. Kegigihan usaha gue terbayar !

Hujan meteor punya penampakan seperti lintasan cahaya di langit yang berpendar dengan warna berbeda dan datangnya-pun dari berbagai arah yang berbeda. Bisa berwarna biru, merah, orange (gue rasa ini pengaruh dari pantulan cahayaa), bisa datang dari bawah sebelah kanan, kiri, atas, sudut penglihatan guee. Gak bisa di prediksi datangnya darimana dan berapa waktu yang di butuhkan tiap meteor itu melintas. Rata-rata yang gue lihat hanya sekejap mataa (kira-kira sepersekian detik laah, 1-5 detik). Karena itu jangan alihin mata lu dari langit atau lu bakal melewatkan pemandangan indah ini ! gue jamin !!

Mungkin itu aja ya cerita seputar pengalaman gue yang berhasil melihat hujan meteor. Langsung aja lu tandain kalender di rumah lu dan coba buktiin jugaa. Semoga lu berhasil melihat bukti kebesaran ALLAH inii :) . thank you for your attention friend ! good luck and cheers !


Nb : any question ? leave a comment please or directly contact me in my own account. U can see contact person in the bottom of page :) .

0 comments:

Posting Komentar