SISTEM INFORMASI

Sabtu, 09 Maret 2013
Sistem Informasi atau Information System


kalau kita browsing di paman google dengan kata kunci 'sistem informasi adalah.., information system is..', maka tanpa perlu dijelaskan lagi ada banyak sumber yang dapat menjawab keyword itu. namun terlalu banyakpun akan membuat bingung, sebenarnya apa sih sistem informasi itu? saya akan memaparkan ilmu tentang sistem informasi yang sedang saya pelajari sampai saat ini.


"Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen... Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.


"Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu... Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat."

"An information system is a collection of methods, practices, algorithms and methodologies that transforms data into information and knowledge desired by, and useful for, individual and group users in organizations and other entities.  This system can involve a combination of work practices, information, people, and technologies organized to accomplish goals in an organization."
(source : http://is.umbc.edu)

"An information system is a collection of hardware, software, data, people and procedures that are designed to generate information that supports the day-to-day, short-range, and long-range activities of users in an organization"

sehingga dapat disimpulkan bahwa, Sistem Informasi adalah Suatu sistem terdiri dari metode, praktek, algoritma dan metodologi yang terintegrasi atau sekumpulan perangkat keras, perangkat lunak, data, orang dan prosedur yang dirancang untuk menghasilkan informasi mendukung dan mampu menyediakan informasi bermanfaat untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi bagi penggunanya. 


Sistem Informasi adalah studi tentang sistem dan bagaimana teknologi dapat dimasukkan ke dalam sistem itu untuk membuat sistem tersebut berjalan sepenuhnya secara fungsional dan efisien. Beberapa bidang studi dalam Sistem Informasi meliputi analisis sistem dan desain, database, rekayasa perangkat lunak, jaringan, manusia yang berpusat pada komputasi (HCC), informatika kesehatan, kecerdasan buatan, manajemen pengetahuan, keamanan, manajemen proyek, dan ilmu dalam membuat keputusan.


Sistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan bisnis. Sistem informasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian
1. Transaction Processing Systems (TPS)
2. Office Automation Systems (OAS) dan Knowledge Work Systems (KWS)
3. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
4. Decision Support Systems (DSS)
5. Sistem Ahli (ES) dan Kecerdasan Buatan (AI) 
6. Group Decision Support Systems (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work Systems (CSCW)
7. Executive Support Systems (ESS)

Suatu sumber lain menjabarkan bahwa Sistem informasi umumnya diklasifikasikan ke dalam lima kategori:   kantor informasi, sistem pemrosesan transaksi, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, dan sistem pakar.
 



source :

0 comments:

Posting Komentar