Penentuan Harga, Permintaan dan Penawaran

Senin, 11 April 2011
Penentuan Harga, Permintaan dan Penawaran
RESUME


Definisi Harga
Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa.

Harga adalah salah satu faktor yang menentukan seberapa besar keuntungan sebuah perusahaan dari penjualan produknya, bisa dikatakan harga sebagai penentu keberhasilan perusahaan.

Tujuan dari menentukan Harga
  1. Mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya
  2. Mengimbangi untung rugi perusahaan
  3. Mencapai ROI (Return on Investment).
  4. Menguasai Pangsa Pasar
  5. Mempertahankan status quo
  6. Mempetahankan perusahaan
Strategi-strategi Penentuan Harga
  1. Skimming pricing : sebagai yang menentukan harga tinggi pada saat produk pertama kali berada di pasaran.
  2. Penetraling pricing : sebagai yang menentukan harga rendah untuk menembus pasar dan mendapatkan pangsa pasar baru.
  3. Odd pricing : sebagai yang menentukan harga dengan mengurangi sedikit dari suatu jumlah
  4. Follow the leader pricing : sebagai yang menentukan harga berdasarkan pada harga yang ditentukan sebuah leader (pemimpin) pasar.
  5. Price Lining : sebagai yang menentukan harga berbeda untuk setiap produk berbeda
  6. Relative Pricing : sebagai yang menentukan harga dimana harga bisa menjadi lebih besar, sama, ataupun lebih kecil.
  7. Psychological pricing : definisi nya memiliki kesamaan seperti definisi odd pricing.
  8. Multiple unit pricing : sebagai yang menentukan harga dimana harga lebih murah jika produk dibeli dalam jumlah banyak.
  9. Leader Pricing : sebagai yang menjual segala macam jenis barang yang menarik dengan murah di bawah harga pasar
  10. Price discount : sebagai yang menentukan pengurangan dari harga yang sebelumnya telah ditetapkan.
 
Permintaan
 
Hukum Permintaan
semakin tinggi harga dari suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang diminta dan begitu juga sebaliknya semakin rendah harga dari suatu barang semakin banyak jumlah barang yang diminta.

Hal-hal yang Mempengaruhi
  1. Harga dari suatu barang.
  2. Harga dari barang-barang lain.
  3. Pendapatan rumah-tangga.
  4. Selera dan prilaku.
  5. Jumlah penduduk.

Penawaran

Hukum Penawaran
semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang akan ditawarkan, begitu juga sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan.

Hal-hal yang Mempengaruhi Penawaran
1. Harga dari suatu barang.
2. Harga dari barang-barang lain.
3. Biaya produksinya.
4. Tujuan dari perusahaan itu sendiri
.

0 comments:

Posting Komentar