RESUME - Perilaku Konsumen

Selasa, 12 April 2011
RESUME
konsumen.
Konsumen adalah mereka yang memilki pendapatan (uang) dan menjadi pembeli barang dan jasa di pasar. Seseorang konsumen yang rasional pada waktu akan memutuskan pembelian suatu barang tidak didasari oleh emosi belaka namun terutama didasari pada suatu pertimbangan bahwa apa yang akan dibelinya memang memberikan tingkat kepuasan terbesar jika dibandingkan dengan barang lainnya.
Terdapat beberapa pengertian mengenai Perilaku Konsumen yaitu sebagai berikut :

David L. Loudon & Albert J. Della BittaMullen dan Johnson (1990)
 proses pengambilan keputusan  dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam  proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan  barang-barang dan jasa
James F. Engel, Et.al. (1968)
Tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat  dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis
Gerald Zaltman  Melanie Wallendorf (1979)
Tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk
Loudon dan Albert (1993)
            Perilaku konsumen adalah proses keputusan dan aktivitas fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan, atau memberikan barang dan jasa yang.

secara keseluruhan, diartikan seperti berikut
perilaku konsumen adalah Tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumber lainnya.

Terdapat 2 teori pendekatan  untuk mempelajari perilaku konsumen
dalam mengkonsumsi suatu barang:
1. Pendekatan Kardinal
2. Pendekatan Ordinal


kebutuhan dan perilaku
Perilaku konsumen didasari oleh Motif, Motivasi dan kebutuhan konsumen. 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen:
·         Kekuatan Sosial Budaya
·         Budaya :
·        1.  Kekuatan Faktor Psikologis
·        2. Faktor Sikap Dan Keyakinan  
           3. Konsep Diri 
Tiga macam kebutuhan manusia :
1.Need for achievement
Kebutuhan akan penghargaan
    
1.   Need for affiliation
terdiri dari FaktorFaktor Sosial
  3.      Need of power
kebutuhan akan kekuasaan 



0 comments:

Posting Komentar