Uang, Bank dan Penciptaan Uang

Selasa, 12 April 2011

RESUME

definisi uang terbagi menjadi 2. uang dalam ilmu ekonomi tradisional dan uang dalam ilmu ekonomi modern. Dalam ilmu ekonomi tradisional uang adalah setiap alat tukar yang bisa diterima secara umum. dimana alat tukar yang dimaksud disini bisa berupa barang atau apapun itu, selama alat tukar yang dipergunakan dapat diterima di kalangan masyarakat. 

dalam ilmu ekonomi modern, uang adalah sesuatu yang tersedia dan dapat diterima secara umum sebagai sebuah alat pembayaran untuk sebuah pembelian barang maupun jasa, untuk berbagai macam jenis pembayaran dan lainnya.

sejarah
berawal dari ide barter. dikarenakan banyaknya kebutuhan yang harus terpenuhi namun belum terbentuknya uang, maka diadakanlah sebuah proses barter, dimana barang ditukar dengan barang.karena kurang efektif, maka sterbentuklah uang, 

Fungsi uang :
1. sebagai alat tukar
2. sebagai satuan hitung
3. sebagai penyimpan nilai.  


BANK

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes 
adapun yang melakukan pencetakan uang adalah  Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERUM PERURI) yang termasuk perusahaan milik negara -> Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
yang dicetak adalah berupa uang rupiah baik uang kertas maupun uang logam. 
 dikarenakan sering terjadi kasus peredaran uang palsu, maka uang dicetak 5 tahun sekali dan diubah tampilan uangnya.

0 comments:

Posting Komentar